Friday , December 15 2017
Home / Forhati / Mengenang Dewi Sartika di Hari Perempuan Internasional 2017

Mengenang Dewi Sartika di Hari Perempuan Internasional 2017

ADA 13 tokoh perempuan terkemuka dunia yang ditampilkan dalam slideshow Google doodle yang memperingati Hari Perempuan Internasional 2017, Rabu 8 Maret 2017.

Mereka berasal dari berbagai negara seperti Meksiko, Inggris, Korea, Mesir, India, dan Italia. Sejatinya, Google memutuskan untuk menampilkan para tokoh itu secara bersamaan setelah sebelumnya mereka tampil masing-masing di Google doodle yang beredar terbatas di negara asalnya.

Sejatinya, Indonesia juga punya sosok penting pejuang hak-hak sipil dan pergerakan perempuan. Pada 4 Desember 2016 misalnya. Saat itu, Google doodle Indonesia menampilkan sosok Dewi Sartika. Sebagai pendiri Sakola Istri (sekolah perempuan) pada 16 Januari 1904, Dewi Sartika dikenang sebagai perintis pendidikan bagi kaum perempuan.

Di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, nama Dewi Sartika begitu dihormati. Selain mendirikan sekolah, Raden Dewi Sartika juga menulis buku. Masih terkait dengan kepeduliannya terhadap perempuan, buku yang ditulisnya itu juga berjudul ‘Kaoetamaan Istri’.

Buku tersebut ditulis tahun 1911, tujuh tahun setelah ia mendirikan ‘Sakola Istri’. Buku yang ditulis dalam bahasa sunda itu kemudian diterbitkan tahun 1912 oleh A. C. NIX & Co.

Dalam kata pengantarnya (boeboeka), Dewi Sartika menjelaskan penyusunan buku tersebut ditujukan sebagai bahan bacaan anak sekolah, dan juga orangtuanya. Dari maksud penulisannya, bisa terlihat bahwa pemikiran Dewi Sartika kala itu memang sudah sangat maju. Ia menilai bahwa membangun pendidikan bukan hanya menyoal mengajar peserta didik melainkan orangtua juga harus ikut terlibat memahami perannya membangun pendidikan.

Tidak diragukan lagi, Dewi Sartika punya posisi yang sejajar dengan para tokoh perempuan penting dunia yang menjadi pionir di negaranya masing-masing

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Check Also

pendidikan

PENDIDIKAN SOCRATES ATAU CONFUSIAN PADA MODEL PENDIDIKAN KITA

Kebudayaan dunia saat ini secara garis besar bisa kita bagi dua, yaitu Barat dan Timur. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *